Rabu, 01 Juli 2009

Genteng Metal

Sekilas, tampilannya mirip genting. Namun, penutup ini terbuat dari bahan logam, genting metal ini mempunyai bobot yang ringan dari bahan baja lapis.

Ada dua macam baja lapis yang digunakn oleh setiap produsen genting metal, yaitu baja lapis ringan dan baja lapis galvanis. setiap produsen berbeda dalam menggunakan jenis baja lapisnya. Tetapi saat ini banyak produsen yang lebih memilih baja lapis ringan yang dilapisi dengan zincalume (campuran aluminium (Al) 55% dan seng (Zn) 45%).

Keunggulan utama genting ini adalah bobotnya yang sepersepuluh lebih ringan dari genting beton atau keramik. KIra-kira 2,5 kg/m2. "Karena bobotny aringan, pemasangan genting metal ini tak memerlukan banyak struktur penopangnya," kata Vina, staf pemasaran PT. Atap Teduh Lestari.

Ada dua jenis genteng metal, yakni berlapis pasir lebih mahal dibandingkan yang tidak. Selisihnya Rp. 10,000 sampai Rp. 20,000 perkeping, dimana harga sekeping genting metal yang tidak berpasir adala Rp. 86,000.

Pemasangan genting metal memerlukan peralatan dan paku khusus, tergantung rangak atap. Paku Galvanis pada rangka kayu dan paku sekrup untuk baja.

Sumber : Tabloid Rumah
Edisi 05 Agustus - 18 Agustus 2008 142 - VI
By. Hotmian Siahaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar