Rabu, 01 Juli 2009

Struktur Dari Kayu Olahan


Jika masih menginginkan struktur atap yang dapat diekspos kenaturalannya tetapi sudah tidak mampu membeli kayu berkualitas, bahan satu ini mungkin dapat dijadikan alternatif pilihan. Secara umum dapat dinamakan Oriented Standar Board (OSB). Dari tampilannya kita sudah bisa menebak kalau bahan ini terbuat dari pecahan dan serutan kayu berukuran kecil yang direkatkan menggunakan resin hingga padat dan berbentuk lembaran. Walau padat, bahan ini dapat dipotong lengkung dengan hasil yang rapi dan bebas lendutan.

Dengan ketebalan yang beragam, bahan ini dapat digunakan sebagai kuda-kuda, kaso, gording maupun ren. Menurut Flora Stella dari PT. Atap Teduh Lestari, bahan ini dapat dikerjakan selayaknya kayu biasa pada umumnya tanpa perlakuan khusus. Bahkan kelebihan bahan ini telah dilapisi dengan bahan anti rayap, anti kelembapan, dan tahan air (moisture resistant) sehingga cocok digunakan pada bangunan di Indonesia yang beriklim lembab dan bercurah hujan tinggi.

Penggunaan bahan ini tidak hanya memberi keuntungan tampilan bangunan yang indah dan struktur yang kuat, namun juga turut menjaga lingkungan hidup karena terbuat dari bahan kayu daur ulang dan kayu muda yang proses regenerasinya tidak terlalu lama.

Sumber : Tabloid Rumah
Edisi 20 March - 2 April 2009 157-VII
By. Frederica Adithya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar